5 Cara Mudah Menata Ruang Keluarga Yang Minimalis Tanpa Harus Mahal

Salah satu ruangan di dalam rumah yang paling privat dan paling penting adalah ruang keluarga. Ruang keluarga adalah salah satu elemen rumah yang merupakan kebahagiaan banyak orang. Alasannya adalah bahwa di ruangan ini, semua anggota keluarga dapat bertemu dan menghabiskan waktu berkualitas. Baik itu mengobrol, menonton TV atau bermain game.

Karena itu, tidak mengherankan jika kebanyakan orang mendesain kamar keluarga senyaman mungkin. Tujuannya agar semua anggota keluarga merasa betah di kamar. Jika Anda kesulitan merancang ruang keluarga di rumah, Anda dapat mencari dan mengikuti referensi atau gambar di Internet.

Ukuran ruang minimalis bisa ditipu dengan tata ruang yang tepat untuk memaksimalkan ruang sekaligus membuatnya nyaman. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatur ruang keluarga anda yang minimalis :

Selalu Maksimalkan Cahaya Yang Masuk

Ruang keluarga yang cerah selalu lebih nyaman berkat sinar matahari. Saat menata ruang keluarga, pastikan tidak ada furnitur yang menghalangi jendela. Buka semua tirai dan jendela di pagi hari agar udara segar dan sinar matahari memenuhi ruangan. Bersihkan kaca secara teratur dengan pembersih kaca berkualitas, hal ini di tujukan supaya sinar matahar tidak terhalang oleh debu yang ada di kaca.

Pilih warna yang cerah

Warna-warna pastel atau warna-warna cerah untuk furnitur berukuran besar memberi kesan ringan sehingga ruangan tidak terasa sesak. Hindari warna-warna gelap, seperti hitam dan coklat tua, untuk furnitur besar seperti sofa atau kursi tamu mewah, karena warna-warna gelap memberikan ruangan tampilan yang jenuh. Sedangkan untuk furnitur kayu, pilih warna kayu alami yang tidak terlalu dikerjakan dengan lapisan pernis.

Tempatkan berbagai wadah cantik

Untuk mengatur ruang keluarga yang baik, harmonisasi tidak hanya penting, tetapi juga harus berhasil. Letakkan kotak atau wadah bagus lainnya di ruang keluarga untuk menyimpan barang sesuai dengan tipenya, sehingga ruang keluarga selalu terlihat bagus. Misalnya, menyediakan kotak untuk mainan anak-anak, keranjang rotan untuk koran, cangkir uang yang bagus, kotak untuk berbagai kunci, dan sebagainya. Akibatnya, tidak ada benda berserakan di ruang keluarga, sehingga lebih luas.

Manfaatkan dinding untuk memajang benda-benda dekoratif dan perangkat elektronik. TV layar datar harus digantung di dinding agar dapat diratakan dengan mata setinggi saat duduk di sofa. Lukisan dan dekorasi lainnya dapat ditempatkan di dinding sehingga lebih banyak area lantai terbuka untuk pergerakan penduduk.

Tambahkan Tanaman Segar

Kehadiran tanaman hidup sering direkomendasikan sebagai cara untuk menciptakan ruang yang seimbang, karena digunakan sebagai dekorasi sambil memberi ruang keluarga suasana yang menyenangkan dan nyaman. Tidak masalah ukuran ruang keluarga, pasti ada tempat untuk pot-pot kecil tanaman. Pilih tanaman khusus untuk interior, mudah dirawat.

Gunakan Furniture Tetap

Anda harus fokus pada penghuni permanen, bukan pada anggota keluarga yang sesekali berkunjung, terutama pengunjung. Oleh karena itu, tata letak furnitur dan ketersediaan furnitur hanya harus mempertimbangkan ukuran keluarga.

Dengan anda mencermati beberapa cara di atas, anda bisa membuat ruang keluarga anda menjadi lebih menarik, elegan, dan juga multifungsi, yang tentu saja tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup anda dengan merubah peletakannya.