Banyak Pilihan, Tapi Masih Mahal

Teknorus.com – Akhirnya, akses internet 4G datang juga! Kini sudah tiga operator yang menggelar koneksi internet 4G secara komersial, yaitu Telkomsel, XL dan Indosat, yang sudah sukses menggelar uji coba layanan 4G mereka. Apa sih kelebihan koneksi 4G? Tentu saja ada di kecepatannya. Jika selama ini kita mengenal teknologi 3G hingga 3.5G seperti HSDPA dengan kecepatan sekitar 3 Mbps, maka koneksi LTE 4G bisa mencapai 10 kali lebih cepat. Secara teori, koneksi 4G mampu mencapai kecepatan hingga 100 Mbps atau lebih, seperti yang tercapai saat ujicoba internet 4G XL beberapa waktu lalu di mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Baca juga : Gambar Keren

Telkomsel sendiri mengklaim kecepatan koneksi 4G mereka di lapangan hingga 30 Mbps. Seperti apa cepatnya? Ya bayangkan saja kamu bisa menonton video YouTube HD secara mulus tanpa harus menunggu (buferring). Di pasaran, saat ini memang belum banyak smartphone yang sudah mendukung koneksi 4G. Kalaupun ada, harganya masih tinggi karena tergolong ponsel kelas atas. Saat ini, operator baru diberi kesempatan menggelar koneksi 4G di frekuensi 900 Mhz.

Jadi ponsel atau modem yang akan digunakan harus mendukung jaringan LTE di frekuensi yang sama dengan layanan 4G Telkomsel, yaitu 900 MHz. Setelah keluarnya izin 4G-LTE frekuensi 900 MHz, pemerintah siap memberikan izin komersialisasi 4GLTE di frekuensi 1.800 MHz, karena frekuensi 1.800 MHz ini memiliki perangkat pendukung 4G-LTE yang paling matang. Izin frekuensi 1800 Mhz 4G-LTE diharapkan sudah siap pada kuartal pertama tahun depan. Jadi, sebaiknya kamu juga memilih ponsel 4G yang sudah mendukung dual band di frekuensi 900 Mhz dan 1800 Mhz.

Layanan 4G LTE Telkomsel ini digelar secara bertahap. Awalnya, sebanyak 200 BTS 4G disiapkan di Jakarta dan Bali. Di Jakarta sendiri, 4G LTE Telkomsel ada di Bandara Soekarno-Hatta, area Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Blok M, juga Mal Gandaria City, Pacifc Place, Senayan City, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka. Untuk Bali, 4G LTE Telkomsel diklaim mencakup sekitar 90% kota Denpasar, juga 80% wilayah kabupaten Badung, termasuk bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk, Mall Kutabex, GraPARI Kutabex, dan GraPARI Diponegoro. Berikut deretan ponsel yang sudah mendukung 4G LTE yang ada di pasaran.