Ekstra Mengasuh & Merawat Anak

Seperti halnya kita yang belum punya banyak pengalaman soal anak, minta bantuan orangtuanya untuk merawat di kecil, Akifa Ilham (11 bulan). Namun, hal itu Putty Noor (34) sempat bukan tanpa sebab. Rupanya gara-gara hujan dan banjir beberapa waktu lalu di Jakarta, ia dan sang suami, Didam Sirdjono (38) jatuh sakit, sementara asisten rumah tangga pun sedang pulang kampung. “Kabayang atuh kumaha… hadeuuhh! Makana eta, kakek dan nenek Akifa diorder dari Bandung, spesial jagain Akifa,” ujar ibu muda asli Bandung ini. Saat pemotretan dilakukan, Akifa juga sedang sakit. “Makanya, dia jadi tidak cerewet dan heboh.

Saat pemotretan kudu berjuang ekstra, deh,” ujar Bintang iklan (Biore, Pond’s, Baygon) ini. Rupanya, Akifa sedang dalam masa pengobatan infeksi paru-paru. “Dia pernah dirawat hingga 7 hari dan sampai sekarang harus minum antibiotik. Tapi alhamdulillah, sekarang ini Akifa yang trauma melihat dokter, juga rumah sakit, sudah mulai baikan. Dosis obat-obatannya juga sudah diturunkan. Namun kontrol rutin tetap harus patuh,” papar Putty seraya tak henti bersin-bersin dan batuk. “Duuh… punten ya, lagi begini.

Suami juga sakit, makanya dia tidak ngantor. Tapi ada hikmahnya juga. Kalau suami ngantor, malah pas dipotret enggak ada yang godain Akifa, he he he….” Pemulihan Akifa, tentunya tak lepas dari konsistensi Putty mengikuti anjuran dokter. Menurut Putty, selain infeksi paru-paru, Akifa juga mengidap alergi. Jadi, selain rutin kontrol tepat waktu seperti yang disarankan, untuk urusan makanannya pun, Putty dan suami harus berkonsultasi dengan dokter gizi. “Intinya, makanan Akifa harus fresh dan dibuat sendiri.

Contoh, pagi hari jam 10-an, dia harus makan buahbuahan. Itu pun hanya buah tertentu yang boleh, seperti jambu batu, belimbing, stroberi, pir, dan pepaya hawaii. Selain itu tidak boleh. Kemudian, jam 1 siang makan. Dokternya melarang Akifa makan ayam. Sorenya jam 6 dia makan lagi.” Menurut Putty, si kecil Akifa juga belum boleh minum air putih oleh dokternya. “Jadi, gantinya adalah air kaldu buatan sendiri dan ASI,” tambah pemeran Sheila dalam serial TV dan film Suami-Suami Takut Istri ini. Repot? Pastinya! Tapi Putty mengaku asyik-asyik saja menjalani itu semua. “Sebagai orangtua, kita harus memberikan yang terbaik bagi anak. Itu bukan risiko, tapi bentuk tanggung jawab dan cinta kasih pada anak. Terpenting adalah bentuk rasa syukur kami pada Allah SWT yang telah memberikan saya dan suami rezeki yang tiada taranya, yaitu Akifa.”

Untuk anak yang sudah masuk di usia sekolah sebaiknya berikan juga ia pelatihan bahasa asing di les berbahasa Perancis di Jakarta yang terbaik sebagai keterampilan tambahan.