Informasi Klasemen Liga indonesia PSM

Kota-Bunga.Net MAKASSAR — PSM Makassar hanya mampu bermain imbang 2-2 saat menjamu Perseru Serui di Stadion Mattoangin, kemarin. Bermain di depan publik sendiri, skuad Juku Eja terlihat bermain hati-hati di babak pertama. Pelatih Juku Eja, Robert Rene Alberts, mengatakan tak puas atas permainan anak asuhannya itu. Menurut dia, gol pertama terjadi akibat kesalahan pemain belakang skuadnya yang melakukan pelanggaran di luar kotak penalti. Akibatnya, Serui mendapat hadiah tendangan bebas yang tak bisa dijangkau kiper baru PSM, Imam Arief. “Babak pertama, kami seharusnya juga bisa mencetak tiga gol,” ujar Alberts setelah pertandingan, kemarin. Ihwal insiden kartu merah yang diterima Imam Arief, menurut Alberts, keputusan kiper itu sudah tepat karena Silvio Escobar sudah melewatinya. “Memang jarak antarpemain belakang dan kiper terlalu jauh. Jadi, Escobar on side,” dia menambahkan. “Tapi itu juga kesempatan buat Hilman Syah (kiper keempat Juku Eja).” Dengan hasil ini, PSM Makassar bertengger di tiga besar klasemen sementara. Skuad Juku Eja memiliki poin yang sama dengan Madura United yang mengoleksi 30 poin dari 19 pertandingan. Dua klub ini hanya punya selisih lima poin dari Persib yang berada di puncak klasemen setelah meraih tiga poin penuh saat menjamu Sriwijaya FC, Sabtu lalu. Adapun pelatih Perseru Serui, I Putu Gede, bersyukur dalam laga ini timnya bisa menahan imbang tuan rumah dan meraih satu poin di laga tandang.

Dia justru termotivasi untuk menggagalkan ambisi pelatih PSM yang ingin merebut kemenangan kandang pertama memasuki putaran kedua Liga 1. “Hasil ini cukup bagus bagi kami,” tutur I Putu. Hanya, dia kecewa atas sikap Rene Alberts yang tak memberi minum kepada anak asuhannya, Donny Harold. Insiden kecil itu terjadi menjelang laga berakhir, saat Donny terlihat meminta air minum kepada Robert. Saat itu, Robert seolah-olah akan memberikan kepada pemain Perseru itu, namun botol air tersebut dibelokkan kepada pemainnya, Marc Anthony Klok. “Saya hanya kecewa di momen terakhir itu,” ucap I Putu Gede setelah laga. PSM Gagal Raih Poin Penuh Pelatih Serui kecewa atas sikap Rene Alberts. Dalam laga kemarin, skuad Perseru unggul lebih dulu melalui gol yang dibuat Osmar dos Santos pada menit ke-18, yang kemudian dibalas pemain tuan rumah M. Rahmat pada menit ke-28. Menjelang turun minum, Silvio Escobar kembali membuat tim tamu unggul saat mencetak gol di menit ke-39. Pada awal babak kedua, Ferdinand Sinaga menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-48 sampai akhir pertandingan.

Laga di Stadion Mattoangin itu diwarnai aksi protes oleh suporter yang menganggap kepemimpinan wasit Dwi Susilo tak adil dan kerap merugikan tuan rumah. Akibatnya, seorang suporter dari tribun terbuka nekat masuk ke lapangan dan memukuli asisten wasit dua Heri Rizky. Insiden itu membuat para pemain Serui sempat menarik diri agar pertandingan tak dilanjutkan. Namun penonton yang masuk berhasil dibawa ke luar lapangan sehingga pertandingan kembali berlangsung. Memasuki putaran kedua ini, PSM Makassar sebenarnya sudah menambah amunisi baru dengan merekrut Alessandro Ferreira Leonardo. Pemain kelahiran Brasil berpaspor Hong Kong itu sebelumnya memperkuat klub Kitchee SC bersama Diego Forlan pada musim 2017/2018. Menurut Direktur Utama PT PSM Makassar, Munafri Arifuddin, timnya membutuhkan pemain berpaspor Asia setelah mencoret Bruce Djite. “Kontraknya setengah musim, kami lihat perkembangannya ke depan,” ucap Munafri