Komunitas Taman Hijau Ceria Bagian 2



Berani Berbagi

memiliki 4 kegiatan pokok, yaitu kelas berbagi, PAUD Mustika, Perpustakaan Senyum Ceria, dan Gerakan Kepedulian. Semua anak berasal dari Bogor yang berusia 4 tahun sampai sekitar 16 tahun. Kegiatan dilakukan Senin—Jumat untuk yang PAUD dan Sabtu— Minggu untuk kelas umum (kelas berbagi). Semua pengajar pun berasal dari v olunteers, kecuali untuk PAUD, semua guru memiliki latar belakang pendidikan. Di kelas berbagi, terdapat kegiatan yang dinamakan Berani Berbagi. Artinya, v olunteer yang memiliki bakat, kemampuan, atau minat di suatu bidang, harus di share ke anak-anak. “Jadi, kelas ini memang tidak based on curri culum . Karena kalau based on curri culum , i m pact-nya kurang terasa untuk anak-anak. Ada beberapa anakanak yang Senin—Jumat memang sekolah formal, dan mereka sudah jenuhlah ketemu sama pelajaran, seperti matematika dan bahasa lagi,” ujar Ricki.

Sekolah Lingkungan

Ada yang unik dengan komunitas ini. Berbeda dengan komunitas berbasis pendidikan lainnya, materi yang diajarkan oleh komunitas ini kepada anak-anak didiknya ialah bertemakan tentang lingkungan dan sanitasi. Mulai dari cara mendaur ulang sampah, menanam tanaman, sampai merawat tananan. Apa alasannya, ya? “Karena lingkungan asli mereka sudah sangat kotor dan mereka setiap hari hidup di lingkungan kumuh. Jadi, saya tanamkan bekal lingkungan sehat ke mereka. Tujuannya semoga lingkungan mereka yang tadinya kotor menjadi bersih,” jelas Ricki. Ada tiga lokasi kelas berbagi ini, yaitu Kampung Bedeng, Kampung Muara, dan Ciawi. Kegiatan ini rutin dilakukan dari Sabtu—Minggu. Untuk waktunya, Sabtu setelah salat Z uhur sampai pukul 16: 30 dan Minggu dari pagi sampai jam 12 siang. Sampai saat ini, jumlah anakanak yang tergabung dalam kelas ini ialah 130 orang. Kegiatan rutin yang dilakukan pun beragam, dari mulai buka puasa bersama saat Ramadan hingga hari Kartini kemarin diadakanlah f ashi on show untuk seluruh anak. Ricki berharap setiap kegiatan yang diadakan tidak membebani anak-anak dari segi f nansial. ³Semoga mereka mendapat pendidikan yang layak dan lingkungan yang sehat,” ucapnya.

Fasilitas Lengkap

Meskipun merupakan kegiatan yang bersifat sosial acara ini di dukung oleh orang tua siswa yang loyal loh. buktinya cukup banyak sumbangan sumbangan yang di berikan untuk kegiatan ini. Diantara berupa uang, barang, bahkan genset perkins. Salah satu orang tua yang menyumbang genset perkins mengatakan, genset perkins ini digunakan bila tiba tiba saat sedang ada kegiatan terjadi mati listrik