Pilah pilih Asisten Pribadi Bagian 1

Aplikasi personal assistant (asisten pribadi) yang memanfaatkan teknologi pengenal suara makin populer belakangan ini. Dengan kemampuan mengirim pesan, email, transaksi online, dan sebagainya, yang semuanya bisa diperintah dengan suara, menjadikan segala urusan menjadi lebih mudah. Teknologi pengenal suara sudah ada sejak lama, kembali ke masa di mana Microsoft mengembangkan platform Windows untuk segmen mobile di perangkat PDA. Peningkatan dalam hal antarmuka dan pengenalan suara yang lebih akurat menjadi sebuah evolusi. Hingga sekarang, pengguna kini bisa bicara secara normal dengan smartphone.

Selain itu, teknologi cloud computing juga turut serta mendorong kemajuan aplikasi ini, di mana semua pemrosesan data bisa dilakukan dengan lebih cepat. Voice commands di Android Pengguna Android sudah tak asing lagi dengan perintah suara. Kini mereka bisa menulis teks dan email, memutar musik atau menampilkan peta hanya dengan perintah suara. Untuk bisa melakukannya, pengguna harus mengaktifkan kemampuan voice-recognition ini dari menu Settings di Android. Google akan mempelajari bagaimana Anda bersuara dan meningkatkan responnya.

Pengguna kini tak perlu berbicara secara perlahan seperti mendikte, namun usahakan agar selancar mungkin. GoogleNow, salah satu fitur dalam smartphone Android terbaru, kini juga memiliki dukungan terhadap perintah suara ini. Google Now menjadi aplikasi asisten pribadi dengan menampilkan beragam informasi yang sekiranya dibutuhkan penggunanya, seperti kalender, cuaca, lalu-lintas, dan sebagainya. Pengguna hanya perlu berkata “OK, Google” untuk mengaktifkan fitur ini.

Selain itu, pengguna juga bisa memberikan bermacam perintah, seperti menelepon atau berkirim SMS dari seorang daftar kontak di smartphone-nya secara spesifk, membuka alamat URL tertentu, atau menampilkan jadwal di kalender. Selain Google Now, berikut adalah beberapa aplikasi asisten prbadi yang bisa pembaca coba.

Assistant

Aplikasi Assistant buatan developer Speaktoit juga menjadi satu aplikasi asisten pribadi yang bisa dicoba. Pengguna bisa mengunduhnya melalui Google Play Store secara gratis. Pengguna diberi pilihan avatar asisten sesuai selera. Asisten virtual itulah yang nantinya akan menjawab semua pertanyaan Anda, membuat pesan (namun pengguna tetap harus tekan tombol Send), membuat jadwal di kalender, melakukan panggilan telepon dan menunjukkan kedai kopi terdekat.

Aplikasi bisa dijalankan dengan menekan tombol mikrofon di kolom search dalam waktu agak lama. Aplikasi Assistant juga terintegrasi dengan jejaring sosial populer, seperti Facebook, Twitter, dan Foursquare. Menariknya, aplikasi Assistant ini memiliki mode percakapan (Conversation), artinya, Anda bisa ngobrol dengan asisten virtual ini, layaknya fitur Siri di Apple iPhone. Saat dalam mode ini, pengguna tak harus menekan tombol mikrofon berkali-kali.