Waterproofing Mengatasi Dinding Rembes

Musim hujan dengan curah hujan yang tinggi seperti yang terjadi saat ini, selain menimbulkan banjir pada beberapa wilayah di Indonesia, juga dapat membuat air hujan merembes melalui atap dan dinding rumah. Rembesan air melalui dinding, yang sering membuat dinding “mengompol”, tidak hanya membuat rumah tampak kotor dan mengganggu kenyamanan penghuni rumah, namun juga berpotensi merusak peralatan elektronik yang terdapat dalam rumah.

Rembes air sering terjadi pada pertemuan antara dinding dengan atap rumah. Dapat juga terjadi pada area perbedaan level bangunan, seperti perbatasan antara toilet dengan dapur. Atau dapat terjadi pada perpaduan bahan yang berbeda, misalnya pertemuan antara tembok dengan pipa (plumbing).

Pada umumnya rembesan ini dapat mengakibatkan hal sebagai berikut. • Bercak-bercak seperti jamur yang muncul pada dinding rumah. • Penggelembungan dan pengelupasan cat. • Ruangan menjadi lembap. • Muncul bau tidak sedap. Melihat banyaknya kerugian yang ditimbulkan, maka masalah dinding “ngompol” harus segera diatasi. Salah satu solusinya adalah melapisi dinding dengan bahan waterproofi ng. Saat ini ada beberapa merek waterproofi ng untuk dinding rembes yang beredar di pasar, seperti Aquaproof, AM, Aquaguard, Aquatite, Aquaseal, No Drop, Sika, Multiguard, dan Damdex.